Jumat, 08 Juni 2012

0 Danau strauberry di Senegal

Tahan dahaga Anda saat berada di depan Danau Lac Rose Retba. Warna airnya yang unik, merah jambu mirip susu stroberi membuat siapa saja menelan ludah. Mungkinkah ini danau milkshake stroberi?

Danau Lac Rose Retba di utara Semenanjung Cap Vert, sekitar 35 km timur laut dari Kota Dakar, Senegal, menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa. Sebuah danau dengan warna air merah jambu hadir bagai oase di tengah panasnya Senegal.

Mirip Danau Kelimutu yang ada di Flores, Danau Lac Rose Retba di Senegal juga bisa berubah warna. Ada kalanya danau ini berwarna ungu, kemudian menjadi ungu muda hingga merah muda, mirip milkshake stroberi.

Berada di pinggir Danau Lac Rose Retba memang membuat dahaga terasa sangat kering, terutama saat air danau berwarna merah muda. Airnya yang berwarna merah, seolah membawa Anda ke depan danau milkshake stroberi raksasa. Slurp!

Banyak orang yang penasaran dengan warna air danau seluas 3 km ini. Ternyata, warna merah Danau Lac Rose Retba berasal dari mikroorganisme yang terkandung di dalamnya, seperti yang ditulis Amusing Planet, Kamis (7/6/2012).

Danau Lac Rose Retba menghasilkan warna paling cantik yaitu merah jambu saat musim kemarau. Saat itu, mikroorganisme di dalam danau menyerap, dan menggunakan cahaya matahari untu menghasilkan pigmen merah. Saat itulah Danau Lac Rose Retba berubah bagaikan kolam milkshake stroberi raksasa.

Keelokan Danau Lac Rose Retba tidak sampai di situ. Danau ini ternyata mirip laut mati yang ada di Yordania. Turis yang datang bisa berenang tanpa harus repot mengayuh kaki, karena Anda bisa langsung mengapung di atas permukaan.

Memang benar, Danau Lac Rose Retba mengandung banyak garam yang sangat tinggi, sekitar 40%. Kandungan ini satu setengah kali lebih tinggi dari garam yang ada di Laut Mati. Anda pun bisa mengapung dengan santainya di atas permukaan danau tanpa harus takut tenggelam. Eits tapi ingat, sebelum berenang oleskan kulit Anda dengan krim agar tidak terjadi iritasi.

Penduduk setempat pun memanfaatkan air danau ini untuk mengawetkan ikan. Dengan menggunakan sampan, mereka mengambil garam dan menumpuknya di pinggiran danau. Tumpukan garam putih ini pun menjadi pemandangan cantik di pinggiran danau, kontras dengan warna air danau yang merah muda.

Populer Post